01/11/15

Cara Beli Ponsel Android Second, Cara Beli Android 2016



Memakai Handphone untuk keperluan sehari-hari memang sudah tidak bisa kita hindarkan  lagi, apalagi kita gunakan untuk sebuah keperluan berbisnis, keluarga, dan yang umum generasi penerus memakai Handphone adalah untuk berkomunikasi dengan kekasih yang tercinta, 

Handphone seolah tidak bisa kita lepaskan ketika kita beraktifitas sehari-hari, disini saya sebenarnya ingin berbagi cara bagaimana kita membeli Handphone second, disini tidak memprioritaskan kepada yang ingin membeli Handphone baru, jika anda membeli Handphone baru memang sudah ada Garansi yakan ? 

dan kita tau Toko dimana kita beli, kita kembalikan saja kalau Handphone tidak sesuai dengan kondisi baru seperti yang kita harapkan alias rusak, ingin mengetahui cara membeli Handphone  second yang cermat, saya disini ingin membantu anda membeli Handphone second tapi berkwalitas seperti baru, pasti banyak yang mau membeli Handphone second kwalitasnya seperti Handphone baru, kadang-kadang hampir setengah harga lebih murah daripada Handphone baru jika kita bisa tau cara membeli Handphone second secara baik, berapakah uang hemat dan bisa kita pergunakan untuk keperluan lain. 

apalagi jika kita sudah berkeluarga, bisa buat keperluan rumah tangga dan buat jajan anak-anak. berikut cara membeli Handphone yang baik dan cermat untuk anda semua :


1. Periksa Signal

 
Periksa kondisi signal apakah masih stabil atau tidak, umumnya bisa anda lihat disudut kiri pada hp anda, jika signal tidak ada setelah anda memasukkan SIM, itu berarti Handphonennya bermasalah pada signal, lebih baik anda berhenti bernegosiasi dengan penjualnya karena yang pertama sekali kita gunakan Handphone adalah untuk menelpon, jika signal tidak ada otomatis Handphone tidak bisa kita gunakan untuk menelpon, jadi apa fungsi Handphone kita? jika kita gunakan untuk SMS sama juga tidak bisa dikarnakan signal tidak ada ( No Signal ).


Saran : Pasang kartu SIM dan Periksalah signal yang pertama kali ketika anda membeli Handphone second, lihat pada logo signal, Handphone yang baik adalah Full Signal dan stabil disitu tetap, jika bergerak tidak hilang semua, minimal turun dua tingkat/titik, itupun jika jauh dengan tower operatornya atau ada cuaca yang kurang kondusif.



2. Periksa Tombol Keypad dan TouchScreen


Sering pembeli handphone lupa memeriksa keypad sehingga mereka tidak bisa menggunakan secara maksimal Handphonenya karena ketika kita menggunakan Handphone untuk SMS tidak bisa untuk mengetiknya, untuk handphone biasa ketikkan semua huruf yang ada pada keypad, pada Handphone yang memiliki fasilitas touchscreen, coba check sentuhnya dengan cara menyentuh tombol dari 1 sampai dengan 10 aturan bisa semuanya tidak ada yang macet, ini sangat berpengaruh ketika sudah lama menggunakannya.


3. Periksa Speaker dan Microfone




Periksa speaker apakah kwalitas suara masih bagus atau gemerisik dengan cara menelpon kawan atau dengan menggunakan dua Handphone gonta ganti mendengarnya, suatu speaker yang bagus tidak ada gemerisik dan suaranya bersih tidak ada suara apapunn jika kita diamkan beberapa detik, Begitu juga dengan pengecekan terhadap microfone sama seperti cara periksa speaker. 


4. Periksa Body/Casing

cara beli hp second

Periksa casing apakah masih bagus atau tidak, apakah ada cacat dan goresan di bagian casing atau retak, jika retak anda harus memikir lebih positif karena handphone yang retak casing dan batang casingnya biasanya sudah terjatuh keras dari ketinggian, ada juga yang terbanting jarak jauh. ada kemungkinan komponen-komponen pada PCB handphone sudah renggang walaupun waktu kita mengecek handphone masih hidup,

 bagaimana kalau kita sudah membeli handphonenya yang casingnya tergores dan batang casingnya sudah retak?  kemudian beberapa hari setelah kita beli komponen seperti resistor, kapasitor yang renggang tersebut lepas, bahkan lebih berbahaya lagi jika komponen kapasitor yang lepasnya adalah jalur yang diberi tegangan vcore dan vio, pasti handphone anda akan mati seketika.

Saran : Jika anda membeli pada penjual yang pengguna pribadi, bukan orang jual beli hp, silahkan tanya apakah handphonenya tergores/retak karena terjatuh. bisa saja handphone baru dibeli ada goresan di casing bukan karena jatuh. tapi jarang, trik tersebut untuk mempercepat analisa kwalitas saat membeli handphone second. 



5. Periksa Load Speaker



Kenapa harus check load speaker? kan sama speaker dan load speaker? ini yang banyak pengguna tidak mengerti, speaker dan loadspeaker memang kadang ada dikombinasi menjadi satu bisa anda check speaker sekali saja, tapi ada handphone yang menggunakannya speaker dan load speaker secara terpisah. ini banyak terdapat pada merek nokia. oleh karena itu anda harus mengecek nada dering, memutar musik dan menelpon. speaker yang rusak adalah suaranya gemerisik dan tidak enak diterima oleh pendengaran.



6. Periksa Batre



batre nokia original

Ini juga yang perlu sekali anda perhatikan, periksa batre pada handphone yang ingin anda beli apakah masih bagus atau sudah soak dan asli atau tidak,

Mengecek Batre Soak :
cara ini mudah anda periksa karena pada batre yang sudah rusak biasa sudah bergelembung bulat atau bisa anda letakkan di kaca dan putar apakah berputar seperti anda memutarkan benda berbentuk bulat. itu berarti batrenya sudah tidak bisa digunakan lagi. ada juga cara alternatif lain bisa anda terapkan yaitu, kalau anda membeli handphone poliphonik bisa anda coba telpon kesana-sini dan jika ketika anda nelpon ada peringatan batre hampir habis berarti batre sudah soak, kalau anda membeli hp mewah anda coba putar sebuah musik, kalau belum lama anda dengar musik ada peringatan bahwa isi batre hampir habis berarti batre sudah soak. ini berlaku pada kondisi batre handphone yang anda beli full batre. kalau batrenya tinggal satu memang diumumkan bahwa isi batre akan habis. ini kasus yang sangat rumit ketika mencoba memutar musik ternyata batre tinggal satu titik.

Mengecek Batre Asli atau Aspal (Asli Palsu )
Cara cek batre Asli bisa anda check pada logo yaitu ketika diputar bolak balek logo batre tersebut adalah tiga dimensi dan ada titik-titik satu, dua, dan tiga didalam logo tersebut. atau bisa anda kerok pada logo tersebut, pada batre asli logo tersebut tidak bisa dikerok dia habis dan hancur, kalau pada batre Aspal (Asli Palsu) apabila dikerok bisa dilepas semua logonya sekalian tidak hancur logonya.

Saran : Jika batrenya sebelum dites hampir habis daya, silahkan anda charger dulu kemudian hidupin lagu apakah batre cepat drop, jika langsung drop. di pkirkan lagi untuk membelinya.

Mungkin yang dijelaskan diatas tidak ada pada handphone yang anda target, berarti handphone terget sudah pada titik aman, tetapi mungkin ada keperluan untuk mengecek lebih detail ada beberapa lagi yang perlu diperhatikan, tapi untuk pengecekan handphone diatas bahwa sudah aman bagi anda untuk membelinya jika anda sudah aksi seperti yang dijelaskan diatas, ada beberapa fasilitas yang belum kita periksa adalah sebagai berikut :


7. Periksa Bloethooth


Periksa Bloethooth apakah bisa dihidupkan, dan juga bisa untuk mengirimkan sebuah file, jika tidak bisa belum pasti itu rusak, karena ada juga bloethooth yang tidak dapat dipindai disebabkan tidak cocok pendeteksian karena type atau jenis bloethooth berbeda. lebih baik anda menggunakan pada hp yang sejenis.


8. Camera


Coba tes kamera apakah masih bisa untuk mengambil sebuah gambar, jika saat kita berphoto cameranya hitam kabur  itu berarti kamera tersebut bermasalah, ada Handphone yang kameranya kabur ternyata bukan karena Handphonenya rusak tapi karena kaca casingnya sudah tergores-gores dan kotor, coba dibuka tutup kasing belakang. tes photo tanpa tutup belakang.


9. Charger


Untuk mengecek kerusakan charger ini sangat mudah, tinggal anda tes dengan mengecas apakah tanda indikator batrenya bergerak naik turun, itu berarti masih bagus chargernya, 

a. Chargernya yang rusak
Solusi : coba ganti dengan cas yang lain yang berjenis sama

b. Plugin Conektor casnya yang rusak
Solusi : Ganti plugin konektornya dengan yang baru

c. Jalur batre putus.
Solusi : Bawa ketempat service karena agak susah bagi anda yang belum menguasai teknik service Handphone


10. Short


Sangat parah sekali pengaruhnya jika handphone short, jangan anda sepelekan, berikut akibat yang akan terjadi pada handphone yang short. 

a. Batre cepat habis
b. Batre cepat rusak/ soak
c. Handphone terasa panas
d. Yang lebih parah handphone anda mati total
e. Gangguan pada signal dan masih banyak lagi..

Saran : Sebelum anda membeli anda pegang dan raba-raba apakah terasa panas lebih dari pada biasa. 


11. Check Handsfree


Perik handsfree dengan cara dengarkan lagu menggunakan handsfree apakah ada suara seperti biasa..

12. Periksa Perlengkapan Handphone


periks semua kelengkapan cas, kotak, Headset, dan surat-surat lainnya.


13. Periksa Asli atau Palsu

Periksa ke aslian hp dengan menyesuaika antara kotak dengan imei yang ada pada Hp biasanya di belakang casing di bawah batre dengan cara mengecek  *#0*# akan keluar 
imei dan sesuaikan dengan di kotak hp tersebut.


Itulah beberapa cara sebelum anda membeli handphone  second/bekas semoga bermamfaat bagi anda semuanya...



Link Lainnya :

Informasi lengkap tentang smartphone dan komputer

Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Reparasi Handphone • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner Published.. Templates • By BIDARI CELL
back to top