04/03/2015

Cara Menganalisa Kerusakan Laptop Sendiri lengkap

Dalam Menganalisa Laptop atau komputer anda membutuhkan ketelitian, kesabaran dan kejelian, jangan terburu-buru dalam melakukan perbaikan laptop,  anda diharuskan analisa dulu kerusakannya dengan baik dan benar kemudian baru anda mengambil langkah-langkah efektif dan efesien untuk melakukan perbaikan  laptop anda, nah berikut ini kami berikan beberapa kerusakan yang sering terjadi pada komputer atau laptop anda sehari-hari yaitu :

1.HARDDISK
            Kerusakan HDD tidak harus diartikan kerusakan pada fisik hardisk, tetapi juga bisa terjadi Karena Software : Penyebab kerusakan disini bukan disebabkan oleh kerusakan fisik, bisa saja karena suatu sistem yang error, misalnya : Bad Sector, bad shadow, bad cluster, dll. sedangkan kerusakan fisik itu biasanya terjadi pada kabel yang sudah jelek, ada bagian yang terbakar dan lain lain. gejala yang terjadi biasa loading sangat lambat sekali, laptop lambat sekali seperti terkena serangan sebuah virus. Banyaknya file yang korup di dalam hardisk anda bisa jadi indikasi bahwa ada kejanggalan dihardiks sobat! maksud dari korupnya file ini bukan korup dari awalnya! namun sebelumnya file itu baik-baik saja! namun ketika terjadi ke erroran dalam hardisk file normal pun bisa korup.

 

2. Motherboard / IC regulator Laptop / Notebook :
Dihidupkan agak sulit, baterai tidak mau discharge, Mati Total. Indikator charger menyala, setelah dicarge lampu indikator pada charger mati (konslet). Berarti terjadi arus balik pada powernya. Kerusakan ini sering terjadi.  kerusakan ini terjadi biasanya pada chipset

Solusi :
periksa di sekitarnya apakah ada kapasitor yang mengembung, segera ganti kalau anda sanggup menggantinya atau bawa ke tempat service Chipset terlalu panas, berarti overhad dan cipset tersebut sudah rusak, anda bawa ke service center  Periks juga dibagian Circuit power supply, apakah ada jalur cricuit yang putus atau komponen yang hangus




3. MEMORY
       Pada saat dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, blue screen pada saat mulai loading Operating System. Bisa juga keluar suara beep berulang-ulang.
Solusi : Cabut memory laptop, bersihkan dan pasang lagi, apabila tidak bisa juga, coba ganti dengan memory yang baru


4. Kerusakan LCD
Berikut beberapa contoh ciri-ciri layar laptop Anda rusak :
  • Pecah atau retak : ciri ini ada beberapa kasus, untuk yang pecahnya remuk mungkin tidak menjadi masalah akan tetapi ada tanda lain layar lcd laptop Anda pecah atau retak tapi pemakai tidak menyadarinya.Biasanya kasus ini akibat tertekan dari body luar, terganjal benda waktu menutup ataupun mungkin Anda tidak sengaja membersihkan kotoran terlalu keras menekan.
  • LCD Flicker atau berkedip : kasus ini ditandai dengan terdapatnya garis-garis full atau sebagian secara horizontal maupun vertikal dan biasanya berkedip di bagian layarnya
  • LCD bergaris vertikal atau horizontal : ditandai adanya garis berwarna merah,biru atau hitam dari ujung atas ke bawah atau kanan ke kiri secara full.Mungkin hal ini masih bisa dipakai akan tetapi akan merusak / mengganggu pandangan.
  • Layar LCD / LED gelap : kerusakan pada layar ini ditandai layar laptop masih ada tampilan atau samar-samar, hal ini disebabkan lampu penerangan pada LCD / LED putus atau inverter (untuk lcd)rusak atau juga koponen pada LED ada yg putus atau terbakar. Hal ini juga bisa disebabkan dari jalur mainboard ke layar.


5. Ciri Kerusakan Chipset / VGA :
Layar tidak tampil, Layar Putih, garis garis warna tidak beraturan.
Solusi : kerusakan ini tidak dapat diperbaiki secara manual, anda segara bawa ke cervice center terdekat



Itulah sedikti kerusakan yang sering terjadi pada laptop/komputer sehari-hari semoga anda mengamati dan mempelajari tentang kesalah yang terjadi pada laptop komputer anda.
read more...
 
Copyright © 2014 Tentang Smartphone dan Komputer • All Rights Reserved.
Distributed By Free Blogger Templates | Template Design by Bidari Cell • Powered by www.bidaricell.com
back to top